Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019
PAUDCERDAS » Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://filepaudpintar.blogspot.co.id/ akan berbagi File/Informasi dll Tentang Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019, yang mungkin akan sangat di butuhkan bagi Ibu/Bapak Guru Paud, tugas kami hanya memberikan keringanan atau bantuan membereskan beberapa permasalahan tentang paud begitupun yang bersangkutan dengan seputar PAUD.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penilaian dan pelaporan perkembangan anak usia dini merupakan bagian penting dalam rangkaian pelaksanaan pendidikan anak usia dini.
Penilaian dan pelaporan memiliki banyak makna dan tujuan, yang utamanya berpusat pada bagaimana memahami dan mengetahui perkembangan yang dicapai anak setelah mendapatkan rangsangan pembelajaran.
Penilaian pada pendidikan anak usia dini bersifat proses sehingga tidak hanya dilaksanakan satu atau dua kali pada waktu tertentu saja, tetapi secara berkesinambungan dan terus-menerus. Penilaian pada pendidikan anak usia dini dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya. Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.
Penilaian perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak. Keseriusan, ketelitian mengamati dan objektivitas di dalam pengelolaan fakta tanpa dicampuri dengan asumsi-asumsi, menjadi data yang mampu menggambarkan siapa dan bagaimana anak sesungguhnya. Data-data inilah yang kemudian dikomunikasikan kepada orang tua sebagai laporan untuk ditindaklanjuti bersama, baik di satuan PAUD maupun pengasuhan di rumah.
Mengingat pentingnya penilaian di PAUD, maka disusun pedoman pelaksanaan penilaian dan pelaporan yang memuat tujuan penilaian, proses penilaian, dan pelaporan hasil penilaian.
B. Tujuan
1. Membantu guru PAUD untuk memahami konsep penilaian pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013
2. Meningkatkan kemampuan guru PAUD dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian serta menyusun laporan hasil penilaian pembelajaran berdasarkan kurikulum PAUD 2013
C. Dasar Hukum
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak
3. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
4. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini sebagai pengganti Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013
D. Sasaran
Sasaran pengguna pedoman ini adalah:
1. Guru Pendidikan Anak Usia Dini
2. Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini
3. Penilik/Pengawas Pendidikan Anak Usia Dini
4. Orangtua
5. Pihak lain yang terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini
Untuk selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sudah kami sediakan di bawah ini :
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penilaian dan pelaporan perkembangan anak usia dini merupakan bagian penting dalam rangkaian pelaksanaan pendidikan anak usia dini.
Penilaian dan pelaporan memiliki banyak makna dan tujuan, yang utamanya berpusat pada bagaimana memahami dan mengetahui perkembangan yang dicapai anak setelah mendapatkan rangsangan pembelajaran.
Penilaian pada pendidikan anak usia dini bersifat proses sehingga tidak hanya dilaksanakan satu atau dua kali pada waktu tertentu saja, tetapi secara berkesinambungan dan terus-menerus. Penilaian pada pendidikan anak usia dini dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya. Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.
Penilaian perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak. Keseriusan, ketelitian mengamati dan objektivitas di dalam pengelolaan fakta tanpa dicampuri dengan asumsi-asumsi, menjadi data yang mampu menggambarkan siapa dan bagaimana anak sesungguhnya. Data-data inilah yang kemudian dikomunikasikan kepada orang tua sebagai laporan untuk ditindaklanjuti bersama, baik di satuan PAUD maupun pengasuhan di rumah.
Mengingat pentingnya penilaian di PAUD, maka disusun pedoman pelaksanaan penilaian dan pelaporan yang memuat tujuan penilaian, proses penilaian, dan pelaporan hasil penilaian.
B. Tujuan
1. Membantu guru PAUD untuk memahami konsep penilaian pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013
2. Meningkatkan kemampuan guru PAUD dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian serta menyusun laporan hasil penilaian pembelajaran berdasarkan kurikulum PAUD 2013
C. Dasar Hukum
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak
3. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
4. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini sebagai pengganti Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013
D. Sasaran
Sasaran pengguna pedoman ini adalah:
1. Guru Pendidikan Anak Usia Dini
2. Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini
3. Penilik/Pengawas Pendidikan Anak Usia Dini
4. Orangtua
5. Pihak lain yang terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini
Berikut ini File Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.
Demikian sedikit penjelasan singkat dari kami,Untuk selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sudah kami sediakan di bawah ini :
LINKDOWNLOAD :
Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013 ini bertujuan:
- Membantu guru PAUD untuk memahami konsep penilaian pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013
- Meningkatkan kemampuan guru PAUD dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian serta menyusun laporan hasil penilaian pembelajaran berdasarkan kurikulum PAUD 2013
Sasaran pengguna pedoman ini adalah:
- Guru Pendidikan Anak Usia Dini
- Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini
- Penilik/Pengawas Pendidikan Anak Usia Dini
- Orangtua
- Pihak lain yang terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini
- Dari Daftar Isi Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD ini bisa kita lihat secara lengkap membahas:
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- Tujuan
- Dasar Hukum
- Sasaran
UMUM
- Pengertian Penilaian
- Manfaat
- Prinsip
- Lingkup Penilaian
- Penilaian Otentik
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
- Format Penilaian Perkembangan
PENILAIAN BULANAN
- Mengumpulkan semua data
- Menganalisa Data Penilaian
- Kompilasi hasil Penilaian Data
- Mengisi Data ke dalam Penilaian Perkembangan Anak
- Contoh Format Penilaian Perkembangan
PELAPORAN
- Etika Pelaporan
- Jenis Pelaporan
- Waktu Pelaporan
- Bentuk Pelaporan Semester
- Contoh Pelaporan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar