Program Mingguan - Silabus PAUD Kelompok Usia 5-6 Tahun Terbaru Tahun 2018/2019
PAUDCERDAS » Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://filepaudpintar.blogspot.co.id/ akan berbagi File/Informasi dll Tentang Program Mingguan - Silabus PAUD Kelompok Usia 5-6 Tahun Terbaru Tahun 2018/2019, yang mungkin akan sangat di butuhkan bagi Ibu/Bapak Guru Paud, tugas kami hanya memberikan keringanan atau bantuan membereskan beberapa permasalahan tentang paud begitupun yang bersangkutan dengan seputar PAUD.
Kompetensi Dasar
KD yang ditetapkan dalam RPPM sesuai dengan KD yang sudah ditetapkan pada Program Semester atau jika dipandang penting dapat diubah sesuai dengan kondisi.
Komposisi KD yang diambil mewakili seluruh program pengembangan (nilai agama dan moral, fi sik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni)
KD untuk subtema atau sub-subtema dapat diambil seluruhnya atau hanya sebagian dari KD yang ada di tema.
KD yang sudah dipilih dapat diulang kembali untuk digunakan di tema lainnya.
Penulisan KD dapat dituliskan dengan urutan angka atau dituliskan secara utuh.
Penempatan KD dapat masuk ke dalam kolom atau ditulis di atas setelah identitas program.
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran diambil dari materi pembelajaran yang sudah dijabarkan di KTSP (lihat contoh)
Banyaknya materi pembelajaran yang diambil disesuaikan dengan kemampuan belajar anak.
Materi pengembangan sikap dimasukkan ke dalam SOP dan menjadi pembiasaan yang diterapkan sehari-hari sepanjang tahun.
Materi pengembangan sikap yang telah dimasukkan ke dalam SOP terus diterapkan walaupun tidak lagi dicantumkan dalam RPPM.
Materi pembelajaran dikaitkan dengan tema/ subtema/ sub-subtema.
Materi pelajaran untuk satu tema/subtema/ sub-subtema akan diulang-ulang sesuai dengan alokasi waktu RPPM untuk penguatan kemampuan anak.
Contoh
Contoh Materi Pembelajaran di KTSP:
KD 1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
Contoh Materi pembelajaran untuk KD 1.1 adalah: Mengetahui sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan.
Rencana Kegiatan
Rencana kegiatan berisi beberapa rencana kegiatan yang dapat diikuti anak.
Rencana kegiatan harus menarik dan membolehkan anak-anak untuk memilih dari banyak kegiatan yang disiapkan guru.
Rencana kegiatan untuk 1 minggu harus bervariasi agar anak tidak bosan.
Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan berbeda untuk tetap menjaga minat belajar anak dan agar anak memiliki pengalaman belajar yang beragam.
Rencana kegiatan harus dapat mencerminkan pendekatan saintifi k.
Rencana kegiatan memperhatikan model pembelajaran (area, sentra, sudut, kelompok dengan kegiatan pengaman) yang digunakan di setiap satuan PAUD.
Rencana kegiatan untuk satu minggu memberi pengalaman nyata anak dengan bermain balok, drama, alam, dll.
Materi pembelajaran diulang setiap harinya selama alokasi waktu yang ditetapkan di RPPM tetapi dengan kegiatan yang berbeda. Tujuannya agar anak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dengan pengalaman belajar yang menarik sehingga tidak membosankan.
Rencana kegiatan disesuaikan dengan tema.
Untuk menunjukkan kebermaknaan pelaksanaan pembelajaran tematik, setiap akhir tema dikuatkan dengan kegiatan puncak tema.
Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.
Untuk selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file Program Mingguan - Silabus PAUD Kelompok Usia 5-6 Tahun Terbaru Tahun 2018/2019 yang sudah kami sediakan di bawah ini :
Kompetensi Dasar
KD yang ditetapkan dalam RPPM sesuai dengan KD yang sudah ditetapkan pada Program Semester atau jika dipandang penting dapat diubah sesuai dengan kondisi.
Komposisi KD yang diambil mewakili seluruh program pengembangan (nilai agama dan moral, fi sik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni)
KD untuk subtema atau sub-subtema dapat diambil seluruhnya atau hanya sebagian dari KD yang ada di tema.
KD yang sudah dipilih dapat diulang kembali untuk digunakan di tema lainnya.
Penulisan KD dapat dituliskan dengan urutan angka atau dituliskan secara utuh.
Penempatan KD dapat masuk ke dalam kolom atau ditulis di atas setelah identitas program.
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran diambil dari materi pembelajaran yang sudah dijabarkan di KTSP (lihat contoh)
Banyaknya materi pembelajaran yang diambil disesuaikan dengan kemampuan belajar anak.
Materi pengembangan sikap dimasukkan ke dalam SOP dan menjadi pembiasaan yang diterapkan sehari-hari sepanjang tahun.
Materi pengembangan sikap yang telah dimasukkan ke dalam SOP terus diterapkan walaupun tidak lagi dicantumkan dalam RPPM.
Materi pembelajaran dikaitkan dengan tema/ subtema/ sub-subtema.
Materi pelajaran untuk satu tema/subtema/ sub-subtema akan diulang-ulang sesuai dengan alokasi waktu RPPM untuk penguatan kemampuan anak.
Contoh
Contoh Materi Pembelajaran di KTSP:
KD 1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
Contoh Materi pembelajaran untuk KD 1.1 adalah: Mengetahui sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan.
Rencana Kegiatan
Rencana kegiatan berisi beberapa rencana kegiatan yang dapat diikuti anak.
Rencana kegiatan harus menarik dan membolehkan anak-anak untuk memilih dari banyak kegiatan yang disiapkan guru.
Rencana kegiatan untuk 1 minggu harus bervariasi agar anak tidak bosan.
Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan berbeda untuk tetap menjaga minat belajar anak dan agar anak memiliki pengalaman belajar yang beragam.
Rencana kegiatan harus dapat mencerminkan pendekatan saintifi k.
Rencana kegiatan memperhatikan model pembelajaran (area, sentra, sudut, kelompok dengan kegiatan pengaman) yang digunakan di setiap satuan PAUD.
Rencana kegiatan untuk satu minggu memberi pengalaman nyata anak dengan bermain balok, drama, alam, dll.
Materi pembelajaran diulang setiap harinya selama alokasi waktu yang ditetapkan di RPPM tetapi dengan kegiatan yang berbeda. Tujuannya agar anak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dengan pengalaman belajar yang menarik sehingga tidak membosankan.
Rencana kegiatan disesuaikan dengan tema.
Untuk menunjukkan kebermaknaan pelaksanaan pembelajaran tematik, setiap akhir tema dikuatkan dengan kegiatan puncak tema.
Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.
Berikut ini File Program Mingguan - Silabus PAUD Kelompok Usia 5-6 Tahun Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.
Demikian sedikit penjelasan singkat dari kami,Untuk selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file Program Mingguan - Silabus PAUD Kelompok Usia 5-6 Tahun Terbaru Tahun 2018/2019 yang sudah kami sediakan di bawah ini :
LINKDOWNLOAD :
- Program Mingguan PAUD 5-6 Tahun Tema 1. Diri Sendiri.doc
- Program Mingguan PAUD 5-6 Tahun Tema 2. Keluargaku.doc
- Program Mingguan PAUD 5-6 Tahun Tema 3. Sekolahku.doc
- Program Mingguan PAUD 5-6 Tahun Tema 4. Lingkungan Masyarakat.doc
- Program Mingguan PAUD 5-6 Tahun Tema 5. Dunia Hewan.doc
- Program Mingguan PAUD 5-6 Tahun Tema 6. Dunia Tanaman.doc
- Program Mingguan PAUD 5-6 Tahun Tema 7. Keindahan Alam.doc
- Program Mingguan PAUD 5-6 Tahun Tema 8. Petualang Cilik.doc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar